Selasa, 12 Juli 2011

Penerimaan Siswa Baru

Semua sekolah diseluruh indonesia sibuk menerima siswa baru, dan dalam proses penerimaan siswa para orang tua berusaha keras bagaimana memasukkan anaknya kesekolah favorit, untuk masuk kesekolah favorit tidak semudah membalikkan telapak tangan, siswa harus memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan oleh sekolah, nah yang menjadi persoalan adalah orang tua siswa yang sangat antusias untuk memasukkan anaknya kesekolah bergengsi, namun kemampuan anak tersebut jauh dari standar, muncul pikiran orang tua untuk menghalalkan secara cara walaupun harus menyogok kepsek bahkan dinas pendidikan yang penting anaknya bisa diterima.
kalau seperti ini hal nya pendidikan didaerah kita, bagaimana pendidikan kita kedepan, dari awal siswa sudah diajarkan hal yang tidak benar, muncul permasalahan disekolah, siswa yang dipaksakan oleh orang tua untuk masuk sekolah unggulan tidak bisa bersaing dengan kawan kawan yang memang lulus secara murni. bahkan cara yang diterapkan oleh orang tua bukannya anak tumbuh dan berkembang mentalnya secara sehat bahkan yang terjadi adalah penyusutan kecerdasan intelektual anak tersebut.
kita lihat sekolah yang berlabel RSBI, apakah benar benar sudah melaksanakan penerimaan siswa baru dengan adil, banyak sekali kejadian yang kita lihat di TV, siswa yang berprestasi tidak terjaring untuk masuk sekolah yang berlabel RSBI, malah anak anak pejabat atau siswa titipan yang berasal dari kalangan elit yang bisa masuk sekolah unggulan.
Dari kejadian diatas penulis menilai tidak akan maju pendidikan anak indonesia selagi praktek penerimaan siswa baru tidak dibenahi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar